Sabtu, 23 Mei 2015

Tradisi Masyarakat Nusantara


Rewang bukan hanya sekedar kata yang bermakna pembantu. Tapi kata rewang sudah meluas, penggunaanya bahasa rewang bukan lagi satu atau dua orang. Dalam istilah bahasa Indonesia kata rewang dapat diartikan dengan gotong royong. Sebuah nilai budaya bangsa yang mulai luntur seiring dengan munculnya banyak apartemen dan perumahan di kawasan kota. Akan tetapi kalau kita masuk ke wilayah ini masih ada meskipun sedikit. Kata Rewang secara budaya lebih cenderung digunakan pada acara hajatan, khususnya dalam hal masak-memasak dalam skala besar. Sedangkan kata gotong royong lebih cenderung digunakan dalam hal bersih-bersih dan membangun sesuatu secara bersama-sama, meskipun masing-masing daerah di nusantara ini berbeda kata.

Tradisi rewang ini tidak menutup kemungkinan bahwa tradisi ini sudah bertahan ratusan tahun bahkan ribuan tahun, mungkin dalam skala lebih kecil. Tersebarnya tradisi rewang ini ke seluruh kawasan nusantara membuktikan bahwa tradisi ini kuat dan memang asli milik nusantara. Sebuah tradisi yang terlihat sederhana, akan tetapi mempunyai kaya makna. Sebuah tradisi yang mencoba memenuhi hak dasar hidup manusia sebagai makhluk sosial. Jika tradisi ini tidak terus dijaga maka kebersamaan, persatuan, saling menghormati, saling tolong-menolong akan mulai terkikis pula dari negeri ini. Rewang merupakan tradisi masyarakat nusantara yang memiliki nilai-nilai luhur kemanusiaan.

About the Author

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
Rewang © 2015 | Distributed By My Blogger Themes | Designed By Templateism